Keanekaragaman Kuliner di Belitung Timur

KKP Lirik Belitung Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Kelautan dan Perikanan -  Bisnis Liputan6.com

Ada begitu banyak jenis masakan Belitung Timur yang perlu Anda ketahui, masing-masing dengan keunikan dan ciri khas masing-masing makanan Belitung Timur. Untuk menuju kesana Anda bisa menggunkan agen wisata dengan berbagai layanan seperti Paket Tour Belitung yang akan memudahkan Anda berwisata.

Berikut ini macam-macam kuliner Belitung Timur:

  1. Kepiting Isi

 Kepiting adalah rajungan atau rajungan kecil. Makanan ini tidak boleh dilewatkan saat berada di Belitung Timur. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan kepiting yang dicampur dengan beberapa bumbu untuk menambah cita rasa. Cangkangnya tidak dibuang, melainkan dibersihkan dan dikeringkan untuk kemudian digunakan sebagai tempat adonan rajungan.

Setelah adonan yang sudah tercampur dengan bumbu siap, masukkan kembali ke dalam mangkuk, yang kemudian digoreng. Bahan-bahan berupa kepiting, bawang merah, bawang putih, daun ketumbar, telur ayam, jeruk nipis, garam, merica dicampur ke dalam daging kepiting yang sudah dicincang halus. Terakhir masukkan telur dan garam. Kemudian adonan yang sudah jadi ditempatkan dalam mangkuk dan digoreng.

  1. Lakse

Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras dan sagu serta sedikit santan yang dibentuk seperti kerupuk keriting kemudian dibungkus dengan daun pisang atau simpora. Kuahnya terbuat dari campuran ikan dan santan, yang tentunya memiliki rasa yang gurih.

  1. Engkak Ketan

Ini adalah jenis kue tradisional yang bahannya adalah beras ketan. Campuran tersebut terdiri dari gula, telur, tepung, santan, susu, dan mentega. Itu dibuat dengan cara dipanggang.

  1. Bingke

Bingke ditemukan dalam kue umbi-umbian tradisional seperti kentang, ubi jalar atau labu siam. Bahan berupa umbi-umbian tersebut kemudian dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung terigu, telur, gula, susu, santan dan mentega, yang kemudian dipanggang hingga mendidih.

  1. Pulut Panggang

Pulut goreng adalah makanan yang terbuat dari beras ketan merah atau putih yang dibungkus daun polos dengan tambahan lingkong atau kecap ikan, yang kemudian dibakar untuk memberikan aroma dan rasa yang nikmat.

  1. Talam Menggale

Talam Menggale adalah kue tradisional yang terbuat dari singkong badai atau parutan yang dicampur dengan gula merah, yang kemudian dikukus, ditambah lapisan atas tepung beras.

  1. Lepat

Hidangan belitung ini terbuat dari ketan merah atau putih yang dibungkus dengan daun pandan atau mengkuang dengan tali yang terbuat dari bahan yang sama. Yang bentuknya memanjang atau bulat dan dimasak sebentar dengan cara dikukus. Lepat menjadi kuliner wajib di Acara Maras Taun.

  1. Begero

Ini adalah makanan yang biasa disantap untuk sarapan atau untuk selamatan. Terbuat dari nasi yang dicampur dengan sagu dengan sedikit santan. Kemudian dikukus dalam wadah, kemudian dipotong memanjang, pipih dan dibungkus dengan simpor atau daun pisang. Disajikan dengan saus ikan yang dicampur dengan santan pedas.

  1. Mie Belitong

Mie ini cukup mengenyangkan perut. Rasanya gurih dengan campuran tauge, irisan tahu goreng, timun, kentang rebus, kerupuk ikan dan telur rebus. Mie ini disajikan dengan saus udang atau ikan.