3 Tips Agar Acian Tidak Retak Rambut

www.bangunrenov.com/wp-content/uploads/2021/01/kua...

 

Sebagai pemilik rumah ataupun yang bekerja di bidang konstruksi, sudah seharusnya Anda paham bagaimana cara agar acian tidak retak rambut. Untuk memastikan bahwa permukaan dinding dibuat dengan benar, Anda perlu memperhatikan proses pembuatannya. 

Terutama di akhir pemrosesan acian. Karena masih sering ada banyak kesalahan yang dilakukan dalam proses tersebut. Padahal, pengacian cukup mudah apabila Anda melakukannya dengan benar. Jadi apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses tersebut? Simak informasinya di bawah ini. 

Tips Menghindari Agar Acian Tidak Retak Rambut

Ada beberapa trik yang bisa mencegah agar acian tidak retak rambut. Anda bisa memperhatikan mulai dari plesteran dan acian. Selain itu, perhatian juga kelembaban dinding di rumah Anda. Baiklah, langsung saja simak di bawah ini untuk mengetahui cara menghaluskan acian tembok tanpa retak.

1. Pengecatan Dinding

Pertama-tama, perhatikan proses pengecatan dinding, terutama saat proses plesteran. Jika kualitas plesteran bagus maka bisa dipastikan plesteran dinding akan maksimal dan berkualitas baik. 

Cara untuk mengetahui apakah plester berkualitas baik adalah dengan memastikannya halus dan rata. Jangan sampai material tersebut tidak rata, misalnya ada yang tipis, ada yang tebal.

2. Hindari Menggunakan Pasir Plesteran

Hindari untuk gunakan pasir plesteran yang memiliki kandungan lumpur. Ini karena bahan yang mengandung lumpur dapat menyebabkan permukaan dinding menyusut saat mengering. Jika menyusut, dinding akan membentuk retakan rambut atau retakan kecil lainnya. 

Gunakan material lain yang tidak menimbulkan penyusutan. Anda bisa gunakan bahan yang saat kering kondisinya tetap sama.

3. Perhatikan Waktu Plesteran

Hati-hati saat memplester. Jangan melakukan plesteran jika dinding bata masih basah. Jika Anda melakukan ini, air bisa terperangkap dan membasahi dinding. Kelembaban ini dapat membuat dinding berkualitas buruk dan mudah retak. 

Jika Anda bertanya-tanya berapa lama acian kering, tunggu sampai waktu 2 minggu agar hasilnya maksimal baru bisa lanjut ke proses plesteran. 

Jadi itulah tiga cara agar acian tidak retak rambut yang bisa Anda lakukan. Caranya mungkin sepele, namun akan menghasilkan dinding dengan kualitas terbaik. Maka dari itu, pastikan Anda memahami semua penjelasan di atas agar bisa mempraktekannya dengan tepat.