Cat Mengelupas Karena Lembab, Hunian Menjadi Cantik


Masalah tembok memang memiliki banyak faktor dan bisa datang di saat yang tidak terduga, salah satunya
cat mengelupas karena lembab.

Cat tembok yang mengelupas membuat tampilan rumah tidak sedap dipandang bahkan bisa membuat keluarga anda di rumah menjadi tidak nyaman. Ada beberapa tips atau cara untuk menutupi dinding yang mengelupas.

Bagaimana Cara Cat Mengelupas Karena Lembab

Kami akan menjelaskan beberapa cara cat mengelupas karena lembab, simak selengkapnya dibawah ini.

  • Menggunakan Penghapus Cat

Alternatif lain untuk membersihkan dinding rumah Anda adalah menggunakan penghapus cat, yaitu bahan kimia yang dirancang khusus untuk memudarkan cat dinding. Jika Anda kesulitan menghilangkan cat lama, Anda harus melakukannya.

Gunakan penghapus cat dan Anda tidak perlu khawatir merusak dinding. Caranya sangat mudah, hanya dengan menggosok tembok dengan paint remover menggunakan kuas, maka cat tembok yang lama akan mudah terkelupas. 

Perlu diperhatikan, sebaiknya gunakan sarung tangan untuk pengaman tangan agar tidak terpapar bahan kimia secara langsung.

  • Gunakan Cat Dasar Atau Primer

Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan dalam pengecatan untuk menghemat biaya. Anda bisa menggunakan cat dasar atau primer menggunakan semen super, emulsi berwarna putih susu yang merupakan salah satu produk dari Aquaproof. 

Fungsi utama semen super selain untuk mengikat sisa debu dan kotoran yang telah dibahas di atas, juga untuk menutupi retakan rambut dan meningkatkan daya rekat cat pada substrat. Cara cat mengelupas karena lembab sangat mudah bukan?

  • Lapisi Cat Tembok Dengan Cat Anti Bocor Aquaproof

Tahap terakhir, Anda bisa menggunakan cat pelapis anti bocor aquaproof yang memiliki bahan dasar polimer sintetik yang dapat melapisi dinding. Untuk kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, aquaproof, pionir cat pelapis anti bocor, sudah dipercaya lebih dari 35 tahun oleh keluarga indonesia. 

Aquaproof juga tersedia dalam 24 warna menarik yang dapat Anda padukan untuk mempercantik rumah Anda. Selain dinding rumah yang cantik tentunya juga terlindungi dari kebocoran dan rembesan dengan menggunakan aquaproof yang tepat.

  • Kupas Atau Bersihkan Cat Lama

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan cat lama. Seperti diketahui, penyebab tembok cepat mengelupas adalah akibat cat yang tidak memiliki daya rekat maksimal. 

Jika Anda baru saja akan melakukan pengecatan ulang dan menemukan area cat yang mengelupas, mungkin saat melapisi cat sebelumnya lupa mengelupas cat lama. Pastikan cat lama sudah bersih sebelum mulai mengecat ulang, lakukan secara perlahan dan jangan terburu-buru hingga cat lama benar-benar bersih. 

Jika langsung melapisi cat baru di atas cat lama yang mengelupas, akibatnya lama kelamaan cat baru akan tetap terkelupas karena yang langsung menempel di substrat adalah cat lama. Itulah pentingnya proses pembersihan cat lama dan harus dilakukan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

  • Amplas Cat Hingga Halus

Jika sudah melakukan tahap pertama, tahap selanjutnya adalah pengamplasan cat hingga halus. Jika langkah awal pembersihan cat lama agak sulit dan sulit terkelupas sebaiknya jangan dipaksakan, karena dapat merusak dinding anda yang akan menimbulkan kerugian lebih banyak.

Ketika kondisi cat lama sudah dibersihkan, anda bisa melanjutkan dengan menggunakan amplas yang bertujuan untuk membantu membersihkan sisa-sisa cat lama. Gunakan amplas sesuai dengan ketebalan cat, jangan mengampelas terlalu dalam karena dapat merusak tembok.

  • Temukan Bagian Dinding Yang Bocor 

Hal umum yang membuat cat tembok anda mengelupas biasanya karena tembok lembab dan basah. Jika dinding rumah Anda tidak hanya lembab dan basah, tetapi juga terdapat jamur, bercak, dan gelembung, maka itu adalah tanda dinding bocor.

  • Bersihkan Dinding Yang Kotor

Salah satu penyebab tembok anda mengelupas adalah karena tembok kotor dan masih mengandung debu, sebaiknya anda membersihkan tembok sebelum melapisi tembok yang mengelupas tersebut. 

Ada banyak cara untuk membersihkan dinding yang kotor. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lap basah, setelah membersihkan bagian yang kotor sebaiknya jangan langsung mengecat tembok. 

Tunggu hingga dinding benar-benar bersih dan kering. Anda juga bisa menggunakan primer yang dicampur semen dan semen super yang berfungsi untuk mengikat sisa debu dan kotoran. 

Cukup lapisi primer 1 lapis dan tunggu sampai mengering untuk melanjutkan pengecatan dinding. Cara cat mengelupas karena lembab sangat simple kan?

Sebelum renovasi cat, menghitung kebutuhan cat per meter menjadi langkah penting, jadi harus diperhatikan.

Anda bisa menemukan produk berkualitas tinggi dan tahan jamur di Avian Brands, proses berbelanja menjadi lebih mudah di Amazon.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai cat mengelupas karena lembab, semoga bermanfaat.