Bagaimana Backlink Dapat Mempengaruhi Peringkat SEO Suatu Situs Web?


Saya yakin masih banyak yang bingung
bagaimana backlink dapat mempengaruhi peringkat SEO suatu situs web? Ini biasanya muncul ketika orang baru terjun ke dunia SEO. Atau, pada mereka yang baru belajar SEO. Seperti saya dulu, contohnya hehehe. Yuk kita kita lihat cara kerjanya.

 

Backlink itu seperti sebuah rekomendasi. Misalnya, ketika kita membaca sebuah artikel di sebuah web atau blog. Misalnya, temanya tentang cara menghasilkan uang dari internet. Di artikel tersebut si penulis memberikan beberapa tips. Salah satunya, misalnya, kita harus bisa membuat pemasaran konten.  

 

Kemudian, si penulis mengatakan begini, "Jika kamu mau belajar content marketing dari nol, saya merekomendasikan untuk membaca artikel-artikel di blog Garuda Website." Lalu pada frase "Garuda Website" dimasukkan sebuah link yang ketika kita klik akan mengarahkan kita menuju website tersebut.

 

Nah, rekomendasi penulis agar kita belajar di blog Garuda website ini disebut dengan backlink.

Di Mata Google

Lalu, apa yang Google lihat? 

 

Ketika banyak yang membaca artikel tersebut dan mengklik link Garuda Website tadi, maka di mata Google, situs Garuda Website adalah situs keren. Situs yang memiliki otoritas ketika ingin belajar content marketing.

 

Ganjarannya, setiap ada orang mengetikkan frasa "content marketing" di mesin penelusuran, maka Situs Garuda Website akan ditampilkan oleh Google bersama dengan situs lain yang juga dianggap memiliki otoritas.

 

Artinya, apa? Situs yang memiliki backlink berkualitas akan mendapat peringkat bagus oleh mesin pencari.

Dampak Bagi Bisnis

Ketika Website Garuda tadi sering muncul di mesin pencari, maka orang yang akan berkunjung ke Situs Garuda jadi semakin ramai. Implikasinya apa? Semakin ramai orang berkunjung, semakin tinggi kemungkinan orang untuk melakukan pembelian produk atau layanan yang dijual oleh Garuda Website.

 

Tinggal lagi, betapa menariknya, kah, penawaran yang diberikan oleh situs Garuda Web tadi. Jika tidak menarik, maka pengunjung tidak jadi membeli. Sesederhana itu konsepnya.

 

Gimana. Udah dapat gambaran kan, bagaimana backlink dapat mempengaruhi peringkat SEO suatu situs web?

 

Jika ingin mendapatkan peringkat bagus di mesin pencari, pastikan web kami memiliki backlink yang berkualitas. Tidak ada cara lain. Bagaimana cara mendapatkannya?

Bikin Konten Berkualitas

Apa yang dimaksud dengan konten berkualitas? Konten yang bermanfaat, informatif, dan unik. Saya sederhanakan lagi, yakni, konten yang menjawab persoalan target pasar kita. Artinya, kamu perlu meneliti kata kunci dulu sebelum membuat artikel, untuk memastikan betul bahwa informasi yang akan kamu tulis itu memang ada yang mencarinya.

Postingan Tamu

Kamu bisa melakukan Guest Posting untuk mendapatkan backlink berkualitas. Posting tamu adalah kamu menulis dan menerbitkan tulisan kamu di website atau blog orang lain. Sebagai imbalannya, di artikel itu kamu bisa menyertakan link yang mengarah ke website kamu. 

 

Situs mana saja yang memberikan kesempatan kepada orang untuk boleh melakukan Guest Post secara gratis? Kamu bisa cek di situs Freepost

 

Cara selanjutnya untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah mencarinya di situs-situs yang menyediakan kumpulan backlink yang bisa diperoleh secara gratis dengan DA/PA tinggi. 

 

Salah satu yang saya rekomendasikan hari ini adalah situs Carilink . Situs ini menyediakan 500+ daftar situs yang memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk mendapatkan backlink gratis berkualitas.

 

Dan masih banyak lagi strategi lainnya yang bisa kamu cari di internet.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana backlink dapat mempengaruhi peringkat SEO suatu situs web? Seperti yang sudah kita bahas di atas. Ketika ada banyak situs web atau blog yang merekomendasikan situs kita, maka di mata mesin pencari, website kita memiliki otoritas tinggi di topik tersebut. Ganjarannya, ketika orang mencari referensi di Google untuk topik tertentu, maka web kitalah yang akan ditampilkan oleh Google.

 

Jadi teman-teman…