5 Manfaat Sepatu Safety Sebagai Alat Keselamatan Kerja

f:id:timseogaruda:20210929151543j:plain

Sepatu safety merupakan alat keselamatan kerja yang biasa digunakan para pekerja agar tidak terjadi hal buruk dan beresiko. Tentu kita harus melindungi kaki dari berbagai kondisi dan bahaya, salah satunya menggunakan sepatu safety pada beberapa momen.

Sepatu safety merupakan alat pelindung diri yang harus dipergunakan oleh seseorang saat bekerja untuk menghindari resiko bahaya seperti kecelakaan. Tidak hanya melindungi para pekerja, sepatu ini membuat pengguna lebih nyaman ketika bergerak. Sehingga bisa meningkatkan efektivitas serta hasil produksi lebih optimal.

Sepatu tersebut terbuat dari kulit yang dipadukan dengan  bahan metal, pada bagian bawah terbuat dari karet tebal. Dengan bahan tersebut, tentu pekerja lebih aman dari berbagai kondisi berbahaya di bagian kaki. Banyak manfaat yang dirasakan ketika menggunakan sepatu safety. Daftar alat-alat perlengkapan kapal cukup terjangkau namun kegunaannya sangat bermanfaat.

Bagaimana manfaat sepatu safety untuk alat keselamatan kerja 

  • Melindungi dari benda tumpul dan berbahaya

Untuk para pekerja berat atau diruang berbahaya sepatu safety merupakan salah satu alat keselamatan kerja yang harus digunakan. Beberapa kecelakan yang bisa terjadi seperti terkena pecahan kaca, besi, atau serpihan lainnya yang membahayakan telapak kaki.

  • Melindungi dari bahan kimia berbahaya

Kita semua tahu jika cairan kimia mempunyai resiko berbahaya dan bagaimana jika cairan tersebut mengenai kaki? Maka untuk para pekerja di lab kimia, sepatu safety harus digunakan demi keselamatan kerja.

  • Mencegah kecelakaan kerja

Tidak hanya melindungi bagian telapak kaki saja, sepatu safety bisa mengurangi resiko dari kecelakaan kerja fatal seperti kejatuhan benda berbeban besar. Sepatu ini mempunyai kemampuan yang kuat dalam menahan berat, sehingga resiko patah tulang atau masalah lainnya bisa terminimalisir.

  • Melindungi kaki dari benda panas

Pada bagian samping dan atas sepatu safety tidak hanya terbuat dari bahan kulit, namun bahan metal yang tebal. Dengan hal tersebut, maka sepatu ini bisa melindungi kaki dari benda panas. Benda tersebut biasanya ada di perusahaan listrik, pengelola lampu, dan lain sebagainya.

  • Membuat pengguna aman dan nyaman

Sepatu safety terbuat dari bahan karet yang didesain secara simple dan aman. Tentu sepatu ini bisa diandalkan ketika pekerja menggunakannya di permukaan licin. Ketika memakai sepatu safety, pekerja menjadi lebih aman dan nyaman saat melakukan pekerjaan.

Menggunakan sepatu safety menjadi salah satu langkah untuk mencegah diri terkena resiko berbahaya karena pekerjaan. Pekerjaan berbahaya membutuhkan alat safety berkualitas sehingga kemungkinan buruk tidak terjadi. Alat keselamatan kerja harus diperhatikan sebaik mungkin, sehingga kedepannya tidak terjadi kejadian buruk.