Cara Melapisi Atap Bocor, Tidak Ada Rembes Lagi


Atap bocor merupakan masalah yang sering terjadi saat memasuki musim hujan, bagaimana
cara melapisi atap bocor?

Jika dibiarkan, atap yang bocor bisa tumbuh dan semakin parah di kemudian hari. Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan mencari tahu sumber kebocoran dan mengatasi kebocoran tersebut dengan cepat. 

Sebelum melakukan renovasi pastikan mengetahui ukuran tipe rumah, sehingga jumlah genteng bisa sesuai.

Bagaimana Cara Melapisi Atap Bocor

Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui tips dan cara melapisi atap bocor agar tidak merembes!

  • Lakukan Pemeriksaan Titik Kebocoran

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kebocoran pada atap. Hal ini bisa dilakukan dengan menunggu hujan turun, sehingga Anda bisa mengetahui titik kebocoran dengan lebih akurat.

Jika Anda memiliki loteng di rumah, memeriksa kebocoran bisa lebih mudah. Anda bisa mencari noda air atau jamur di loteng Anda. TAndai titik kebocorannya, maka Anda bisa melihat letak kebocoran di atap.

Seperti dilansir dari keluarga tukang, jika sulit menemukan kebocoran pada atap, Anda bisa meminta anggota keluarga lain untuk naik ke atas atap dan menyiram atap menggunakan bantuan selang air. Siram seluruh atap secara perlahan dan menyeluruh untuk menemukan titik kebocoran.

  • Periksa Posisi Dan Pergeseran Atap

Menggeser posisi atap dapat memungkinkan air hujan masuk ke dalam rumah. Periksa dengan seksama apakah ada atap yang posisinya tidak sesuai dan bergeser. 

Pindahkan posisi atap dengan hati-hati agar tidak mengubah posisi atap lainnya dan membuat kebocoran semakin besar. Cara melapisi atap bocor ini sangat sederhana bukan?

  • Bersihkan Sampah Di Atap Dan Pipa Pembuangan

Sampah seperti daun kering, dahan pohon, dan sebagainya dapat menyumbat pipa drainase di atap. Air hujan tidak dapat mengalir dengan baik dan menyebabkan air meluap dan menyebabkan kebocoran. 

Untuk mencegah sampah menumpuk, Anda dapat menebang pohon yang terlalu tinggi secara berkala agar daun dan dahan tidak jatuh ke pipa pembuangan atap.

  • Ganti Atap Yang Rapuh Dan Rusak

Atap merupakan salah satu bagian rumah yang paling sering terkena perubahan cuaca. Seiring waktu, atap akan berubah dan bisa rapuh. 

Atap yang rapuh memungkinkan air hujan merembes masuk dan menyebabkan kebocoran. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti atap yang rapuh dengan atap yang baru.

  • Pasang Lapisan Plastik Di Bawah Atap

Tips mengatasi atap bocor selanjutnya adalah memasang lapisan plastik tebal di bawah atap. Perhatikan bahwa metode ini hanya bersifat sementara. Karena lama kelamaan plastik bisa rusak dan atap Anda akan bocor lagi.

Saat hujan, air hujan dapat dengan mudah masuk ke celah-celah atap. Nah, cara memasang lapisan plastik di bawah atap ini bisa berguna untuk menutup celah-celah kecil pada atap dan mempersulit air hujan untuk masuk ke dalam.

  • Melapisi Atap Dengan Cairan Waterproofing

Cara mengatasi atap bocor yang cukup umum adalah dengan melapisi atap menggunakan cairan waterproofing. Pilihlah cairan waterproofing dengan tingkat ketahanan yang baik dan bisa digunakan untuk berbagai permukaan seperti atap hingga beton.

Sebelum melakukan waterproofing, pastikan cuaca cerah. Hal ini dilakukan agar waterproofing dapat merekat dengan sempurna dan memberikan perlindungan atap yang baik dari kebocoran. Cara melapisi atap bocor ini harus Anda pelajari sebaik mungkin.

Pastikan Anda membeli cat genteng terbaik dan berkualitas di Avian Brands, proses berbelanja cepat dan aman bisa dilakukan melalui Amazon.

  • Perbaiki Retakan Menggunakan Sealant

Jika ada retakan halus pada atap, Anda bisa menggunakan sealant untuk menutup retakan tersebut. Oleskan sealant dalam jumlah banyak ke atap yang retak, lalu biarkan mengering selama beberapa jam. Setelah mengering, Anda dapat mengoleskan kembali sealant untuk memastikan retakan tertutup sepenuhnya.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai cara melapisi atap bocor, semoga bermanfaat.